Menu

Mode Gelap
The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 6 Mar 2024 10:17 WIB ·

Saung Rahayat 2024: Kolaborasi Ratusan Mahasiswa dan UMKM di Kuningan


					Saung Rahayat 2024: Kolaborasi Ratusan Mahasiswa dan UMKM di Kuningan Perbesar

KUNINGAN, Brigadenews.co.id –  Rabu, (06/07/2024) Bertempat di Open Space Gallery, Linggasana, Cilimus Kabupaten Kuningan, Event Saung Rahayat 2024 sebuah acara yang diadakan oleh mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, telah berhasil mengumpulkan ratusan mahasiswa dan pelaku UMKM di Kuningan untuk berkolaborasi dan berinovasi. Acara ini bertujuan untuk memperkuat jaringan UMKM dan mendukung industri kopi lokal di Kuningan.

Ketua Kelompok Pendamping Kabupaten (Saung Rahayat 2024) Program Community Development Universitas Prasetiya Mulya, Jusufenzo Tjoitang, menjelaskan bahwa acara ini merupakan puncak dari kegiatan kuliah kerja nyata. Melalui acara ini, mahasiswa berharap dapat menginspirasi dan memperkuat pemberdayaan masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Sebagai salah satu universitas bisnis terbaik di Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya tak berhenti berupaya menciptakan iklim kewirausahaan pada masyarakat,” kata Jusufenzo. “Salah satunya, melalui program bernama Community Development (Comdev). Dalam program ini, kami melibatkan para mahasiswa secara langsung ke dalam proses pengembangan bisnis mitra UMKM yang ada di suatu wilayah.”

Seperti yang dijelaskan Jusufenzo, dalam program ComDev tahun ini, 98 mitra UMKM, 28 Desa Binaan, dan 1 Industri Kopi di wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dilibatkan selama 20 hari secara intensif.

Saung Rahayat 2024 merupakan puncak acara yang menjadi ajang unjuk hasil pendampingan dan pengembangan mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya kepada mitra UMKM, Desa, serta Industri.

Acara ini memiliki rangkaian kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif dan festival rakyat dengan objektif untuk memaksimalkan potensi daerah, termasuk UMKM, budaya, pariwisata, dan pemberdayaan masyarakat. “ Kegiatan diharapkan dapat menjadi langkah maju dalam memajukan ekonomi Kabupaten Kuningan dan memastikan bahwa hal-hal yang sudah ditingkatkan dapat berlanjut meski KKN ini sudah usai” Jelas Jusufenzo.

Prof. Dr. Simandjuntak, Rektor Universitas Prasetiya Mulya, menambahkan bahwa acara ini adalah pengalaman berharga bagi mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan komunitas. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bumi Kuningan dan masyarakatnya yang telah memberikan dukungan selama penyelenggaraan program ini.

Kepala Bidang UMKM Perindustrian Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, Alvin Fitranda, yang menyampaikan sambutan PJ Bupati Kuningan, mengatakan bahwa pemerintah senantiasa hadir dalam menguatkan pondasi ekonomi rakyat dan mengapresiasi peran Universitas Prasetiya Mulya dalam membantu pemerintah memberikan pendampingan dan pembinaan untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia serta memberikan bantuan dan dukungan bagi UMKM.

Dalam kesempatan ini, salah satu UMKM yang sangat terbantu juga memberikan testimoni positif tentang manfaat yang mereka dapatkan dari program Comdev Prasetiya Mulya tersebut.

“Kami dari UMKM Ambu Snack merasa sangat terbantu dengan adanya program Community Development (ComDev) dari Universitas Prasetiya Mulya. Melalui program ini, kami mendapatkan pendampingan yang berharga dalam pengembangan bisnis kami. Kami merasa terbantu dengan ide-ide kreatif dan strategi bisnis yang diberikan oleh mahasiswa Prasetiya Mulya. Ini telah membantu kami meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan pasar kami. Kami berterima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan, dan kami berharap dapat terus bekerja sama untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar di masa depan.” Ujar Salah  satu peserta program Comdev Teteh Ambu.

Acara Saung Rahayat 2024 dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Rektor Universitas Prasetiya Mulya dan jajaran, Dekan SBE Universitas Prasetiya Mulya, Bapak Fathony Rahman, DBA, dan para Camat serta Kepala Desa/Lurah (Heryanto).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polsek Tambora Tangani Kasus Penipuan dan Penggelapan, dengan Korban Investor Miliaran

21 Juli 2024 - 02:25 WIB

Babinsa Koramil 10/Sepatan Hadiri Pengukuhan FKDM

20 Juli 2024 - 15:49 WIB

Babinsa Desa Sampora Dukung Suksesnya Pengajian Bulanan MUI Cisauk

20 Juli 2024 - 15:44 WIB

Acara Pelantikan Ketua Ranting Pemuda Pancasila se- kecamatan Tambun Utara periode 2024 – 2026 telah diselenggarakan hari Sabtu

20 Juli 2024 - 14:22 WIB

Unit Jibom Detasemen Gegana Melaksanakan Pengamanan dan Sterilisasi dalam Rangka Pembukaan Pertandingan  Sepak bola Piala Presiden

20 Juli 2024 - 04:07 WIB

Patroli Jam Rawan Brimob Jabar Datangi Pujasera Kerkop Guna Pastikan Keamanan 

20 Juli 2024 - 04:00 WIB

Trending di Han-Kam