Menu

Mode Gelap
The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 4 Apr 2024 07:47 WIB ·

Jelang Mudik Lebaran, BNK Tangerang Lakukan Test Urin Kepada Para Supir Angkutan Umum


					Jelang Mudik Lebaran, BNK Tangerang  Lakukan Test Urin Kepada Para Supir Angkutan Umum Perbesar

TANGERANG, Brigadenews.co.id– Puluhan sopir angkutan bus pada program mudik gratis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine yang disediakan BNK Tangerang dan tim Dinkes

Para awak bus, mulai dari sopir hingga kenek bus terlebih dulu menyerahkan sampel urine untuk memastikan mereka bekerja dengan kesadaran yang maksimal, dan tidak sakit ataupun di bawah pengaruh narkoba/minuman keras.

Kepala BNK Kabupaten Tangerang, Dedi Sutardi di Tangerang, Kamis (4/4/2024), menyampaikan pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini kepada pengemudi bus ini merupakan rangkaian dari program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yaitu mudik gratis aman dan nyaman.

“Kegiatan ini adalah salah satu program dari Pemkab Tangerang, melalui Dinas Perhubungan sebagai memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mudik dengan nyaman dan aman,” katanya.

Dalam hal ini, Dedi menjelaskan jika pelaksanaan tes urine sangat penting dilakukan untuk mengetahui para pengemudi yang terpengaruh obat terlarang. Karena hal ini sangat berbahaya, apalagi bagi sopir kendaraan yang membawa penumpang.

“Ini sebagai memberikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi para sopir harus diperiksa, ini untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat dan bisa konsentrasi serta tidak terpengaruh dengan hal lain,” ujarnya.

Ia menyebutkan, selain dilakukan tes urine, para pengemudi bus mudik gratis tersebut juga diperiksa kesehatannya oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Hal tersebut, sebagai menambah pemastian para pengemudi bus dalam kondisi sehat jasmani mani dan layak untuk membawa kendaraan selama diperjalanan.

“Pengecekan kesehatan juga dilakukan oleh Dinkes, dimana itu menambah kepastian dari mereka pengemudi dalam kondisi fit untuk berkendara,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, dari sekitar 52 pengemudi termasuk kenek bus yang diperiksa itu tidak ditemukan adanya sopir positif narkoba maupun dalam terpengaruh obat-obatan terlarang.

“Sementara saat ini kami tidak menemukan adanya yang positif, baik narkoba maupun obat-obatan,” terang dia.

Pihaknya pun berharap, agar seluruh pengendara bus mudik ini dapat menjaga kondisi kesehatan dan stamina selama dalam perjalanan nanti. “Kami berharap di program mudik ini bisa berjalan lancar, semua penumpang dan pengemudi bisa selamat sampai tujuan,” harap dia.

Diketahui, dalam program mudik gratis tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyediakan kuota sebanyak 1.430 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 26 unit. Dari puluhan angkutan tersebut disediakan mengantar ke 11 Kabupaten/Kota di empat Provinsi .

Adapun untuk daftar ke 11 Kabupaten/Kota yang menjadi tujuan pada program mudik gratis Pemerintah Kabupaten Tangerang tahun 2024 yaitu, Provinsi Jawa Barat dengan tujuan Kabupaten Pangandaran, Cirebon.

Kemudian Provinsi Jawa Tengah, dengan rute tujuan Kota Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo dan Wonosobo. Selanjutnya, Provinsi Jawa Timur tujuan Kota Madiun, Malang dan Surabaya serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Red

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bhabinkamtibmas Bersama Warga Cisauk Renovasi Rumah Yatim Piatu

21 April 2024 - 15:33 WIB

Polri Siagakan 7783 Personel Amankan Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024 Di Gedung MK

21 April 2024 - 15:18 WIB

Puncak Hari Jadi ke-383, Pemkab Bandung Gelar Semarak Karnaval Budaya Bedas 2024

21 April 2024 - 14:58 WIB

Semarak Hari Jadi ke-383 Kab. Bandung, Radio Kandaga 100.8 FM Gelar Talkshow

21 April 2024 - 14:54 WIB

Gatur lalin di Bawah Kolong Fly Over Ciputat Antisipasi Kepadatan Kendaraan dan Lawan Arus

21 April 2024 - 10:54 WIB

Respon Aduan Masyarakat, Jajaran Sat lantas Polres Tangsel Lakukan Penindakan Pelanggar

21 April 2024 - 08:08 WIB

Trending di News