Menu

Mode Gelap
The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 15 Mar 2024 07:23 WIB ·

Rakorsus Karhutla Bersama Menteri LHK, Kapolda Kalteng Berkomitmen Bersama Forkopimda Maksimalkan Pengendalian Karhutla


					Rakorsus Karhutla Bersama Menteri LHK, Kapolda Kalteng Berkomitmen Bersama Forkopimda Maksimalkan Pengendalian Karhutla Perbesar

Jakarta, Brigadenews.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, mengikuti rapat koordinasi khusus (rakorsus) antisipasi dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2024, bertempat di Auditorium Dr. Soedjarwo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta, Kamis (14/3/2024) siang.

Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, bersama Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Dalam Negeri Jendral Pol (Purn) H. Tito Karnavian, dan dihadiri perwakilan Kementerian lainnya, sembilan Gubernur di Indonesia serta para Kapolda, Pangdam dan Danrem.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto menyampaikan, beberapa arahan yang disampaikan Menko Polhukam.

Arahan tersebut, diantaranya terjadinya kebakaran lahan tertinggi terjadi pada lahan terlantar tidak bertuan.

“Selain itu, Menkopolhukam juga meminta kepada seluruh kementerian lembaga, Panglima TNI, Kapolda, Pangdam, dan para pengusaha serta masyarakat untuk menurunkan tingkat kebakaran hutan sesuai Inpres nomor 03 tahun 2020,” ucap Kapolda Kalteng.

Lebih lanjut, Kapolda juga menegaskan bahwa pihaknya akan menjalankan instruksi tersebut, dengan mengencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan sembarangan.

“Polri bersama Forkopimda di Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen untuk terus memperkuat upaya-upaya pencegahan karhutla, guna meminimalisir terjadinya bencana,” tegas Irjen Djoko.

Disampaikan Kapolda bahwa upaya pengendalian karhutla di Kalteng terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari indikator penurunan luas karhutla, dampak kabut asap untuk aktivitas masyarakat, kesehatan, dan penerbangan.

“Keberhasilan pengendalian karhutla di Provinsi Kalimantan Tengah ini, tentunya tidak terlepas dari komunikasi dan sinergi yang terjalin baik dari semua pihak, terutama dalam mengantisipasi dan menanggulangi Karhutla di Bumi Tambun Bungai,” pungkasnya. (Soleh)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolda Jabar Terima Kunjungan Siswa Kelas XI Angkatan Ke – 33 SMA Taruna Nusantara Pada Kegiatan Karya Wisata di Bandung

25 April 2024 - 02:15 WIB

Dir Pam Obvit Polda Jabar Hadiri Halal Bi Halal DPD ASITA JAWA BARAT

25 April 2024 - 02:10 WIB

Polres Ketapang Polda Kalbar, Edukatif, Bersahabat Serta Beretika Dalam Berlalu lintas, Satlantas Gelar Polisi Sahabat Anak

25 April 2024 - 02:03 WIB

Buaya Ganas Menerkam Kaki Warga dusun Kelapuk, saat mandi disungai kapuas

25 April 2024 - 01:59 WIB

Wacana Wartawan Demo SPBU Mendapat Tanggapan dari Tokoh Pers Riau

25 April 2024 - 01:50 WIB

Warga Rt 01/ Rw 09 Ciputat Geram dengan Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan di Amrol: Tuntutan Tegas untuk Penanganan Cepat!

25 April 2024 - 01:17 WIB

Trending di News