Menu

Mode Gelap
IPW Sebut Langkah Polri Sudah Tepat di Kasus Vina, Masyarakat Jangan Termakan Hoaks Sambang Dialogis di Pos Kamling Gudang Lengkong Timur Guna Ciptakan Situasi Kamtibmas yang Kondusif Mantan Kabareskrim Minta Publik Sabar dan Tak Berasumsi Terkait Kasus Vina TMMD ke 120,Kodim 0621/kab Bogor Bangun 3 Unit Penampungan Air Bersih Bagi Masyarakat Desa Sirnajaya

News · 29 Feb 2024 03:18 WIB ·

Luar Biasa!!! Kepedulian Satlinmas Kab. Semarang dalam Unsur Kemanusiaan Berikan, Santunan Kepada Korban Kebakaran Dusun Krajan Desa Pagersari


					Luar Biasa!!! Kepedulian Satlinmas Kab. Semarang dalam Unsur Kemanusiaan Berikan, Santunan Kepada Korban Kebakaran Dusun Krajan Desa Pagersari Perbesar

Pagersari Bergas Kab. Semarang, Kicaunews.com – Era modern ini, sebagian besar orang mungkin sudah melupakan satlinmas. Para aparat keamanan lebih terfokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas perlengkapan dan peralatan pengamanan. Mereka lupa, ada Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas yang sebenarnya memiliki fungsi vital dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat didasari oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. Dalam dasar hukum tersebut diatur tentang mekanisme perekrutan, keanggotaan, tugas, hak dan kewajiban, pemberdayaan, pembinaan, pelaporan, hingga pembiayaan satlinmas.

Pasal (1) dijelaskan bahwa Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, satlinmas sebenarnya memegang peranan mendasar. Satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Ini dikarenakan akses mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat, misalnya terjadi perselisihan warga. Satlinmas biasanya akan membantu menyelesaikannya bersama Kepala Desa setempat. Kenakalan remaja, tindakan pencurian maupun penanganan pertama terhadap bencana tak akan luput dari perhatian satlinmas.

Tugas satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana; membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan Negara.

Dalam hal kepedulian terhadap sesama dan unsur kemanusiaan yang tinggi, setelah mengetahui adanya peristiwa kebakaran yang dialami oleh Ngatipah warga dusun Krajan desa Pagersari Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang pada 10 Februari 2024, Satlinmas Kab. Semarang yang dipimpin oleh Giarman selaku Danton didampingi oleh anggota satlinmas dari Kabupaten dan anggota Satlinmas desa Pagersari yang dipimpin oleh Jumari selaku Danton nya, serahkan bantuan kemanusiaan untuk Ngatipah pada hari Kamis 29 Februari 2024 pukul 08.00 WIB.

Satlinmas Kabupaten yang hadir dalam kegiatan donasi tersebut merupakan gabungan dari perwakilan masing-masing kecamatan diantaranya Kec. Bergas, Bandungan, Sumowono,Tuntang, Ambarawa, Banyubiru, Kaliwungu Ungaran Barat, Ungaran Timur, Pabelan dan Beringin Bancak, sementara anggota Satlinmas Desa Pagersari yang ikut Hadir diantaranya Jarwanto, Jumari, Puji, Abdul Wachib, Sumardi, Riyono, dan Sunarto.

Ngatipah yang didampingi oleh kepala dusun Krajan Aprilia Yovangka Saputri menerima kunjungan team gabungan Satlinmas Kabupaten Semarang dan desa Pagersari.

Dalam penyampaian nya kepada Ngatipah, Giarman selaku Danton Satlinmas Kabupaten Semarang menyampaikan ” Jangan dilihat besar kecilnya akan tetapi ini adalah bentuk kepedulian antar sesama dari rekan-rekan satlinmas Kabupaten, semoga dapat bermanfaat dan dipergunakan sebagaimana mestinya “.

” Kami turut berduka cita, semoga musibah yang dialami oleh Mbah Ngatipah digantikan oleh Alloh SWT Tuhan YME dengan hikmah dan berkah, aamiin ya rabbal alamin “, tukasnya.

Kadus Krajan Aprilia Yovangka Saputri, menyampaikan apresiasi atas kepedulian dari rekan-rekan satlinmas Kabupaten Semarang yang telah peduli terhadap warga nya, dan mendoakan semoga kebaikan nya dibalas oleh Alloh SWT Tuhan YME dengan berbagai rejeki yang berlimpah, serta senantiasa diberikan lindungan Allah SWT didalam menjalankan tugas mulia nya sebagai tupoksi nya Satlinmas.

Sementara itu Jumari selaku Danton Satlinmas desa Pagersari mengucapkan rasa syukur atas kepedulian dari jajaran Satlinmas Kabupaten, yang mana telah menyisihkan sebagian rejeki nya untuk Mbah Ngatipah.

Dalam kesempatan tersebut hadir para Srikandi satlinmas kabupaten Semarang dan desa Pagersari yang setelah menyampaikan sumbangan (donasi) bersinergi dan melakukan senam kebugaran tubuh didepan kantor Satlinmas desa Pagersari.

Team liputan : Abdul Wachib/Asrori/Jumari

Editor :

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kasdim 0621/Kab.bogor dan Jajaran laksanakan Sholat Ideul Adha di Lapangan Tegar Beriman Pemda Kab. Bogor.

17 Juni 2024 - 18:39 WIB

Bhabinkamtibmas Polsek Curug Amankan Pemotongan Hewan Kurban di Desa Kadu Jaya

17 Juni 2024 - 17:50 WIB

Kodim 0510/Tigaraksa Berbagi Berkah Idul Adha: Wujud Pengorbanan dan Kepedulian untuk Masyarakat

17 Juni 2024 - 17:41 WIB

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lakukan Pengamanan Pemotongan Hewan Qurban di Masjid Jami Al-Muhajirin

17 Juni 2024 - 17:17 WIB

Pengamanan Penyembelihan Hewan Qurban di Masjid Istiqomah oleh Bhabinkamtibmas Ciputat Timur

17 Juni 2024 - 16:52 WIB

Bhabinkamtibmas Desa Legok Pantau Pemotongan Hewan Qurban di Mushola Cluster Kaliandra

17 Juni 2024 - 16:44 WIB

Trending di News
xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos