Kenang Pertempuran Laut Arafuru, Lantamal X Laksanakan Tabur Bunga Di Laut Pada Peringatan Hari Armada Samudera

Papua, Brigadenews.co.id – Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung
melaksanakan kegiatan Upacara Tabur Bunga Di Laut untuk mengenang Pertempuran Laut Arafuru dalam rangka Memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2022 yang dilaksanakan di Mako Satuan Kapal Patroli Lantamal X Jalan Sam Ratulangi Jayapura, Sabtu (15/01/22).

Komandan Lantamal X bertindak selaku Inspektur Upacara pada pelaksanaan upacara hari ini sedangkan yang bertindak selaku Komandan Upacara ialah Mayor Laut (K) drg. Andreas Hari Prasetyo, Sp.KG.

Peringatan Hari Dharma Samudera diawali dengan pelaksanaan upacara dan Pembacaan Sejarah Peristiwa Pertempuran Laut Aru dan dilanjutkan Penghormatan kepada arwah para pahlawan lalu Mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga, tabur bunga, dan diakhiri dengan Penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya yang di bacakan oleh Danlantamal X mengatakan bahwa Momentum Peringatan Hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang pejuang samudra dalam pengorbanannya kepada bangsa dan negara tercinta.

“Meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis sama dengan masa yang lalu namun prinsip dan nilai-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah. Apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan yang akan datang, kapan pun tugas negara memanggil akan kita pertarungan jiwa dan raga di bawah panji merah putih.” Tegas Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

“Selaras dengan semangat jalesveva Jayamahe justru dilaut kita jaya saya berharap agar setiap peringatan hari dharma samudera dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut bangsa yang irama nafasnya seiring dengan irama gelombang samudra.” Pungkas Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga :  Ketika Jeritan Bocah di Sunatan Massal Cimahi Bikin Tenaga Medis Harus Kerja Ekstra di acara Bhakti kesehatan rangkaian hari Bhayangkara ke 76 di Makodim 0609 Cimahi

Usai upacara selesai dilaksanakan, Komandan Lantamal X beserta peserta upacara dan Ibu-ibu Jalasenastri Korcab X DJA III melaksanakan tabur bunga dan pelarungan karangan bunga di Laut di atas KAL Lakahia.

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Laut (P) Nanang Hariono, Para Asisten Danlantamal X, Para Kadis/ Kasatker Lantamal X, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal X serta Pengurus Jalasenastri Korcab X DJA III.(A7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.