Apasih Bedanya Pesawat Tempur Dengan Pesawat Pengebom?

Pesawat Terbang (Foto/Google Image)

Indonesia, Brigadenews.co.id — Pesawat tempur merupakan pesawat militer yang dibuat untuk menyerang pesawat lain di udara. Berbanding dengan pesawat pengebom yang di buat untuk menyerang target di permukaan, pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan lincah. Pesawat tempur di kembangkan saat perang dunia 1.

Golongan pesawat tempur dibuat berdasarkan generasi. Penerapan generasi ini mulanya digunakan untuk petinggi pertahanan di Rusia, yang menyebut F-22 Raptor Amerika Serikat sebagai pesawat tempur generasi kelima.

Baca juga : Amerika Serikat Diminta Menepati Janjinya Kepada China Demi Bela Taiwan

Pesawat tempur ialah pesawat yang di fungsikan untuk perang dunia, umumnya pesawat tempur berbentuk ramping, dapat bergerak lincah, membawa senapan mesin disertai rudal dan bom dan bekecepatan tinggi.

Lengkap dengan perlengkapan avionik yang lebih banyak dibandingkan pesawat sipil/penumpang seperti radar yang mampu mendeteksi lawan dari jarak jauh. Apalagi di lengkapi dengan peralatan untuk mengelabui dan pengacau radar, sampai berkemampuan stealth.

Baca juga : KC-46A Jet Pengisian Bahan Bakar Udara Dikirim ke Jepang

Sejarah pesawat tempur, awalnya manusia menggunakan layang-layang untuk menakuti-nakuti musuh serta memberi informasi tentang posisi baik kawan maupun lawan atau bahkan menakut-nakuti musuh. Hal ini dilakukan oleh bangsa Cina kuno. Kemudian pada layangan tersebut dilengkapi dengan manusia untuk mengetahui secara detail posisi lawan.

Penciptaan balon udara dan Zappelin juga mewarnai perkembangan pesawat militer. Difungsikan mulai dari sekedar pengintaian dan di gunakan untuk sebagai pembom untuk mengebom posisi musuh, tercata jerman yang memanfaatkan Zappelin untuk membom Inggris dalam perang dunia 1.

Baca juga : Ned Price Prihatin Terhadap 100 Rumah Serta Gereja Kristen yang Hancur di Chin Barat

Baca Juga :  Anggota Koramil 01/Tgr Monitoring Vaksin di Cipondoh

Berdasarkan era

Era Perang Dunia I (1911-1935)
Era Perang Dunia II (1939-1945)
Era pesawat Jet (1950-1970)
Era Penyempurnaan Teknologi (1970-sekarang)

Fungsi pesawat tempur adalah untuk pertahanan dan pertempuran yang di lakukan di udara.

(red)

Source : Wikipedia.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.