Presiden Joko Widodo Melaksanakan Upacara Pengesahan Komponen Cadangan Matra Darat TA 2021

Cimahi, Brigadenews.co.id – Polres Cimahi Polda Jawa Barat bersama Pengesahan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat TA 2021 dilaksanakan Oleh Ir. H. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia yang Di Selenggarakan Oleh Kementrian Pertahanan RI dan diikuti lebih kurang 3.103 Orang, Kamis (07/10/2021) Sekira Pukul 09.00 WIB bertempat di Landasan Suparlan Pusdiklatpassus Jl. Raya Batujajar Ds. Galanggang Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat.

Turut hadir antara lain Letjen TNI (Pur) H. Prabowo Subianto sebagai Menhan RI,
Bpk. Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, Bpk. Mahfud MD sebagai Menkopolhukam, Bpk. Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama RI, Dr. Agung Firman Sampurna Ketua BPK RI, Letjen TNI M.Herindra Wamenhan, Bpk. Bambang Kristiono Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Jendral TNI Andika Perkasa Kasad, Marsekal TNI Fajdar Prasetyo Kasau, Laksamana TNI Yudo Margono Kasal, Irjen Pol Pol Ahmad Dopiri Kapolda Jabar, Brigjen Pol Edi.Sumitro Tambunan Wakapolda Jabar, Brigjen TNI Thevi A Zebua Danpusdiklatpassus, Kolonel Inf. Muhamad Muchidin S.Sos Danrem 062/TN/Dansatgas Pamwil, beserta tamu undangan lainnya.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara, Cad. Irup Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto sebagai Menhan RI

Jokowi menerangkan bahwa Kedaulatan negara NKRI keselamatan bangsa adalah segala-galanya TNI sebagai komponen utama perlu didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung dalam sistem pertahanan kita yang bersifat semesta serta pertahanan dan keamanan rakyat semesta Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya dan usaha pertahanan negara Saya mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang telah mendaftar secara sukarela dan mengikuti seleksi serta pelatihan dasar kemiliteran secara sukarela, dan Hari ini saudara-saudara ditetapkan sebagai anggota komponen cadangan, tandasnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Situsaeur Aiptu Endang Subarna Giat Sambang Ke Posko Lembur Tohaga Lodaya

Dijelaskan juga Masa aktif Komponen cadangan tidak setiap hari, setiap saat, setelah ini saudara-saudara kembali ke profesi masing-masing melaksanakan kegiatan seperti biasa, masa aktif Komponen cadangan hanya pada saat pelatihan dan mobilisasi, anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil oleh negara, Komponen Cadangan dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan DPR, yang kendalinya ada di Panglima TNI artinya tidak ada komponen cadangan yang melaksanakan kegiatan Mandiri.

Perlu saya tegaskan bahwa komponen cadangan tidak boleh digunakan untuk hal hal lain kecuali untuk kepentingan pertahanan negara, penetapan Komponen cadangan akan semakin memperkokoh sistem pertahanan rakyat semesta kita, pada saat yang sama saat ini pemerintah sedang melaksanakan modernisasi alutsista secara menyeluruh di semua Matra,Darat,Laut dan Udara, Kita juga punya putra putri yang tidak kalah hebat di bidang sains dan teknologi,insinyur insinyur kita sedang melaksanakan penelitian di berbagai bidang strategis, tambah Jokowi.

Pengesahan Komcad, Devile Dan Demonstrasi Komponen cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi komponen cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI. (Supardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.