Angin Kencang, Pohon Tua Tumbang, Tiga Lapak Kuliner Ambyar

SEMARANG, BRIGADENEWS.CO.ID – Angin kencang yang menerjang kawasan RW.04 Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang mengakibatkan dua pohon besar, tumbang bersamaan. Pohon Duwet dan Trembesi yang tumbang itu berada dekat kompleks pedagang kuliner didekat lapangan RW.04 Hebat, di Jl. Elang Raya, Semarang.

Beruntung, lapak kuliner itu tutup tidak beroperasi sehingga tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa tersebut. Namun, gerobak milik pedagang rusak tertimpa pohon tumbang yang diperkirakan sudah berusia tua itu.

Dilokasi kejadian tampak Ketua RW.04 Mangunharjo, Suhendro Kelono, Kasi Trantibum Kelurahan Mangunharjo, Ahmad Widodo, dan Babinsa Kelurahan Mangunharjo, Serda Jama’ah serta beberapa warga lainnya.

Serda Jama’ah saat di lokasi pohon tumbang di Kelurahan Mangunharjo Semarang, Jateng.

“Kejadiannya sekitar jam 12.45 WIB, kebetulan pedagang tidak buka karena masa tenang Pilwalkot Semarang. Namun, ada gerobak milik warga, Pal listrik, dan tenda-tenda pedagang rusak tertimpa pohon,” jelas Suhendro, kepada awak media, Selasa siang (8/12/2020).

Pohon Duwet setinggi sekitar 11 meter dengan diameter sekitar 60 cm, itu diperkirakan berusia 25 tahun. Untuk pohon Trembesi, setinggi 12 meter diperkirakan berusia 15 tahun. Menurut Ahmad Widodo, kejadian pohon tumbang di wilayahnya ini langsung diteruskan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang.

Pohon Duwet setinggi 11 meter dengan diameter sekitar 60 cm, itu diperkirakan berusia 25 tahun. Untuk pohon Trembesi, setinggi 12 meter diperkirakan berusia 15 tahun. Menurut Ahmad Widodo, kejadian pohon tumbang di wilayahnya ini langsung diteruskan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang.

Kasi Trantibum Kelurahan Mangunharjo, Ahmad Widodo, saat dikonfirmasi menyampaikan akan segera mendatangkan petugas untuk mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut.

“Kami sudah laporan ke Disperkim, petugas nantinya akan ke RW.04 Mangunharjo untuk melakukan pemotongan. Ini sesuai antrean karena banyak warga yang melaporkan kejadian pohon tumbang di Kota Semarang,” jelas Widodo.

Baca Juga :  Cegah Corona, Bhabinkamtibmas Kel. Isola Polsek Sukasari Polrestabes Bandung Beri Himbauan Kamtibmas dan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Sementara itu Babinsa Kelurahan Mangunharjo, Serda Jama’ah mengatakan, memang dengan adanya musim penghujan disertai angin kencang sangat rawan terjadinya pohon tumbang di wilayah. “Kami berharap warga dapat mengantisipasi adanya situasi cuaca ekstrim di lingkungan saat ini hingga beberapa waktu kedepan,” tandasnya.

Atas kejadian tumbangnya pohon siang ini, mengakibatkan rusaknya 3 lapak kuliner, tidak ada korban jiwa dan diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.