Repatriasi ABK Kapal Pesiar MV. Costa Mediterania

Kapal pesiar MV. Costa Mediteranea berada di dermaga JICT II  Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. (Foto dok. Dispen Lant3)

JAKARTA, BRIGADENEWS.CO.ID – Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto, S.E., M.M., selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK (Anak Buah Kapal) kapal pesiar MV. Costa Mediteranea sebanyak 326 orang, turun dan disambut oleh Satuan tugas evakuasi di dermaga JICT II  Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (15/6/2020).

Kapal pesiar MV. Costa Mediteranea sebelumnya dari Singapura, menuju Jakarta dan lego jangkar ± 2-3 Nm, dengan menggunakan 4 unit tunderboat dan pengawasan pengamanan langsung oleh Tim Raider Kopaska Koarmada I dan Satuan Patroli Lantamal III.

ABK kapal pesiar MV. Costa Mediteranea mulai dievakuasi menuju Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, ABK sebanyak 326 WNI terdiri dari 294 Pria dan 32 Wanita, tiba di dermaga disambut oleh Tim Satgas, saat turun dari tunderboat langsung dilakukan pengarahan oleh Wadan Satgas Kolonel Marinir A. Beny Sarana.

Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK kapal pesiar MV. Costa Mediteranea. (Foto dok. Dispen Lant3)

“Mengenai peraturan penanganan Test Covid-19 sampai diketahui hasilnya, kemudian ABK diadakan penyemprotan disinfektan baik terhadap tubuh maupun barang bawaannya, khusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III,” ungkap Beny.

Kemudian ABK diarahkan naik ke dalam 16 bus @ 20 orang, diantar ke Hotel Mercure Batavia Jakarta, setibanya di hotel langsung diadakan Swab Test (PCR) dari Tim KKP yang telah disiapkan sekitar 4 Tim medis, dan untuk setiap ABK akan menempati masing-masing 1 kamar, pemeriksaan dipimpin langsung oleh dr. Jefri Hasibuan Simbolon, M.Kes. (KKP Klas I Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta utara.

“Hari ini dilakukan debarkasi ABK Kapal pesiar MV. Costa Mediteranea merupakan kapal ke-14 dengan jumlah total 3729 orang, dimana sesampainya di dermaga Tim akan melakukan protocol covid-19, dan pemeriksaan baik terhadap orang maupun barang bawaan ABK oleh Tim Bea Cukai, setelah itu dibawa ke Hotel Mercure Batavia, disana mereka akan melaksanakan swab test (PCR) dan isolasi mandiri selama 14 hari, bila ada yang hasilnya positif tentunya akan dibawa ke Rumah sakit darurat Wisma Atlit,” tandasnya. (*/er)

Baca Juga :  Danki Brimob Polda Jabar Hadiri Deklarasi Pilkada Dan Silaturahmi Ke Kantor Bawaslu Kabupaten Karawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.