Mahasiswa Perantauan di Yogyakarta Yang Tidak Mudik Dapat Bansos Nasi Kotak Siap Saji

YOGYAKARTA, BRIGADENEWS.CO.ID – Komandan Kodim 0734/ Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum., meninjau langsung dapur lapangan TNI Polri Bersatu bergerak bersama Peduli Covid 19 dengan tema “Berbuka Puasa Peduli Anak Rantu”, bertempat di Balaikota lama Jl. KH. Ahmad Dahlan No.73 Ngampilan, Kota Yogyakarta, Senin (18/5/2020).

Hadir pula dalam kegiatan hari ini diantaranya adalah Marsma TNI (Purn) Sudiyo (BNPB), GKR Pembayun ( Puteri Sri sultan HB X ), Bapak Trudi (relawan) dan tim dapur lapangan dari Kodim 0734/ Yka dan Polresta Yogyakarta.

Menurut Kolonel Zaenudin, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada saudara-saudara kita khususnya adik-adik mahasiwa dari berbagai wilayah di tanah air yang kebetulan tidak bisa mudik/pulang kampung karena pandemi Virus Corona.

Dandim 0734/ Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin saat pantau dapur lapangan. (Foto dok. Pendam IV)

“Mereka adalah saudara kita yang juga perlu mendapat perhatian, karena mereka belajar di Kota Yogja ini, diharapkan dikemudian hari kembali ke daerah asal mereka untuk membangun kampung halamannya. Mereka juga rela memilih untuk tidak pulang kampung untuk keamanan diri dan keluarga dari penyebaran Civid-19,” terang perwira dengan melati tiga ini disela kegiatan.

Dandim juga meminta semua jajaran yang terlibat untuk tidak lelah dalam menjalankan tugas sebagai alat negara, dan demi kepentingan masyarakat.

“Ini tugas mulia, jangan dianggap hal biasa, setetes keringat yang kita keluarkan sangat luar biasa, belajar ikhlas pada tugas yang dipertanggung jawabkan kepada kita,” ujar Zaenudin.

Pada kesempatan ini dapur lapangan TNI-Polri memasak paket nasi kotak siap saji sejumlah 1600 paket, khusus diperuntukkan bagi para mahasiswa mahasiswi luar daerah yang masih berada di asrama- asrama mahasiswa di wilayah Kota Yogyakarta yang tidak bisa mudik atau pulang kampung akibat Covid 19.

Baca Juga :  Kodim Pati Bersama Instansi Terkait Melaksanakan Rakor TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2020

“Untuk itu mari kita bangun kepedulian, jalin kebersamaan dan perkuat persatuan dalam keadaan apapun, ingat tetap patuhi himbaun pemerintah dan protokol Covid-19. Tidak usah mudik, minimalisir keluar rumah jika tidak penting, jaga jarak, gunakan masker serta cuci tangan setelah kegiatan,” pungkasnya.

Bantuan makanan yang diolah Posko Tim dapur lapangan Kodim 0734/Yogyakarta selanjutnya diserahkan kepada mahasiswa luar daerah yang masih berada di asram- asrama mahasiswa di wilayah Kota Yogyakarta yang tidak bisa mudik dan masyarakat yang terdampak Covid -19.

Pendistribusiannya dibantu oleh para Babinsa dan Babinkamtibmas setempat, sehingga harapannya dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.