Komandan Pusdikter Resmi Dijabat Oleh Brigjen TNI Mohammad Fadjar

BANDUNG, BRIGADENEWS.CO.ID- Komandan Pusat Teritorial Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, M. A memimpin pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pusat Pendidikan Teritorial (Danpusdikter) dari Kolonel Inf. Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si., kepada Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT berlangsung di Pusat Pendidikan Teritorial Pusterad, Jl. Raya Gado Bangkong 146 Padalarang Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/4/2020).

Danpusterad dalam sambutan mengatakan, sebagaimana lazimnya dalam suatu organisasi yang dinamis, khususnya TNI Angkatan Darat, dimana    pembinaan organisasi akan disusun terencana dan terinci sehingga secara berjenjang akan dilakukan pergantian jabatan bagi para perwira untuk kepentingan  pembinaan satuan yang lebih besar.

“Adanya validasi organisasi di tubuh Pusterad termasuk didalamnya peningkatan grade Danpusdikter sebelumnya berpangkat Kolonel menjadi Brigadir Jenderal tidak lepas dari konteks pembinaan organisasi untuk meningkatkan kinerja, sehingga diharapkan akan mencapai kualitas hasil karya organisasi yang lebih baik atau satuan akan terus dapat meningkat dari hari ke hari,” urainya.

Danpusterad Mayjen TNI Arif Rahman pimpin langsung sertijab Komandan Pusdikter di Bandung, Jabar. (Foto dok. Pusterad)

Sedangkan dalam konteks pembinaan personel adalah diprioritaskan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, meningkatkan kredibilitas, manajerial, profesionalisme dan produktivitas dalam membangun sistem kerja yang efektif dan efisien.

Dalam rangkaian serah terima jabatan Komandan Pusdikter Pusterad ini, lanjut Danpusterad, ada hal berbeda dengan tata upacara serah terima jabatan sebelumnya, dimana ditengah situasi bencana nasional pandemi Covid-19, protokol dan aturan pemerintah yaitu dengan menggunakan masker, mengambil jarak, penyerahan tongkat komando maupun penyematan tanda jabatan dan lain-lain dilaksanakan tidak secara langsung.

“Hal berbeda lainnya adalah adanya pelaksanaan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas, semua itu dalam rangka menegaskan komitmen kita untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi khususnya di lingkungan TNI Angkatan Darat, sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas diwajibkan kepada seluruh pejabat TNI Angkatan Darat yang melaksanakan serah terima jabatan berpangkat Letkol, Kolonel pada jabatan Komando serta Pati pada jabatan Komando dan Staf,” paparnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kepadatan Arus Lalu Lintas, Polsek Kiaracondong Polrestabes Bandung Kerahkan Personil Gatur Pagi

Dalam kesempatan tersebut, Danpusterad juga mengucapkan selamat kepada Kolonel Inf. Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si., beserta istri, atas penempatan jabatan sebagai Wakil Asisten Teritorial Kasad yang secara otomatis nantinya dinaikkan pangkat menjadi Brigadir Jenderal.

“Pengangkatan jabatan satu tingkat lebih tinggi ini diharapkan tugas dan tanggung jawab jabatan kita adalah suatu amanah dan merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,“ imbuhnya.

Turut hadir mendampingi Danpusterad pada sertijab tersebut diantaranya adalah Wadan Pusterad yang kini telah menjabat sebagai Komandan Secapa AD Brigadir Jenderal TNI TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., Sekretaris Pusterad Kolonel Inf. Veri Sudijanto Sudin, S.I.P., M.Si., Dansatintelter Kolonel Inf. I Made Riawan, S. Psi., dan perwakilan personel jajaran Pusdikter Pusterad. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.