PDAM Purworejo Ciptakan Alat Automatic Sanitizer Machine Untuk Penyemprotan Cairan Disinfektan

Purworejo, Brigadenews.co.id – Terobosan yang luar biasa dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo Jawa Tengah untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 mereka menciptakan sebuah alat untuk sterilisasi bernama Automatic Sanitizer Machine (ASM).

Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo, S.T, M.Si, mengatakan, ASM dibuat dengan komponen yang sangat sederhana sistem kerjanya sendiri mengandalkan sensor gerak dan sensor bayangan yang dihubungkan dengan pompa penyemprot air.pada Hari Kamis (26/03/2020).

“Untuk penampungan cairan disinfektan kita pakai 1 torn berisi 250 liter dan akan menyemprotkan sekitar 15 sampai 20 detik,”.

Sedangkan pembuatan ASM sendiri cukup efisien sekitar Rp.2,5 juta hingga Rp.3 juta, alat ini dirakit sendiri oleh karyawan PDAM bagian kasubang produksi imbuh Hermawan Wahyu Utomo

“Kalau memang ada yang tertarik dan berminat baik dari Dinas ataupun swasta kami siap untuk berbagi ilmu,” katanya.

Kemudian untuk pengoprasian ASM sendiri mulai tgl 25 Maret 2020 kemarin,untuk pembuatannya sendiri secara otodidak oleh sugiarto guna menyikapi mewabahnya Virus Corona karena PDAM tetap memberikan pelayanan bagi pelanggan dan masyarakat.

“Kalau hanya dengan cuci tangan saja mungkin pelanggan bisa lupa, tetapi kalau menggunakan ASM ini otomatis semua yang masuk akan disterilisasi,” terangnya.

ASM sendiri dipasang di pintu masuk utama bagian depan supaya seluruh bagian tubuh karyawan dan pelanggan yang melintasi area tersebut akan tersemprot dengan cairan disintektan.

Meskipun telah memiliki ASM, PDAM sesuai anjuran pemerintah telah melakukan himbauan kepada pelanggan untuk memaksimalkan sistem online dalam mengakses layanan. Sebagai contoh dalam melakukan pembayaran dan aduan.

“Sistem online sudah kita terapkan sejak lama dan memang pelanggan yang datang ke kantor sudah semakin menurun. Hanya saja memang masih ada pelanggan yang datang ke kantor, misalnya terkait pemasangan dan aduan secara teknis”.

Baca Juga :  Polsek Lengkong Polrestabes Bandung Pengamanan Ibadah Awal Tahun di Gereja Kerosulan Baru

Hermawan Wahyu Utomo, S.T, M.Si selaku Direktur PDAM juga mengajak kepada masyarakat untuk menjadi pelanggan PDAM mengingat air yang diproduksi PDAM telah memiliki berbagai kandungan, seperti clorin dan kaporit, yang mampu membunuh berbagai virus.

(Muhiran/Agus S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.