Melawan Saat Ditangkap, Akhirnya Peluru Bersarang di Kaki Perampok Toko Emas

SEMARANG, BRIGADENEWS.CO.ID – Polda Jawa Tengah telah berhasil menangkap 4 orang dari 6 orang pelaku kejahatan dalam aksi perampokan Toko Emas Wisma Cahaya di Dsn Pengkol Jati Desa Tlogomulyo, Kec. Gubug, Kab. Grobogan, Jawa Tengah pada hari Minggu (15/9) yang lalu.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna kepada awak media dalam jumpa persnya mengatakan, bahwa empat pelaku itu sempat melarikan diri usai menjalankan aksinya. Namun setelah dua bulan melarikan diri dan menjadi buronan, keempat penjahat itu akhirnya diringkus Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng.

“Para pelaku berhasil diamankan setelah 2 bulan menjadi buron dan kami masih mencari 2 pelaku lainnya,” jelas Iskandar, Minggu (30/12/2019).

Keempat pelaku itu WH alias Lincung (32), Dar (38), Had (20), dan RN alias Pelo (51) sekarang mendekam di Polda Jawa Tengah.

“Para perampok saat ditangkap sempat melakukan perlawanan, maka kami lakukan pelumpuhan kepada mereka, dan penangkapan dilakukan secara terpisah, 2 di Jawa Tengah, 1 di Jakarta dan 1 di Bali,” ujarnya.

Iskandar juga menjelaskan, bahwa 2 pelaku yang masih buron perannya juga sebagai eksekutor pencurian pada 15 September yang lalu.

“Pelaku ini residivis. Sebelumnya sudah ada 5 TKP di wilayah Polda lain dan kita sudah koordinasi,” tegasnya.

Sementara itu Dir. Reskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Budhi Haryanto menambahkan, pelaku melancarkan aksinya dengan mengancam akan menembak penjaga toko.

“Senjatanya ini organik. Pelaku mengaku dapat dari temannya. Ini sedang kita kembangkan,” ungkap Budi.

“Pemilik Toko Emas Wisma Cahaya kehilangan lebih kurang 10 Kg emas dengan nilai kisaran Rp 6 miliar,” pintanya.

“Kami masih terus mengejar 2 pelaku lainnya yang masih buron, yakni Paijan dan Subekhan Ali alias Kantong. Dia menegaskan, dalam waktu dekat kami segera menangkap 2 DPO tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pilgub Sumut 2018, Ribuan Santri dan UAS Doakan Musa Rajekshah

Budhi mengimbau kepada para pemilik Toko Emas agar selalu meningkatkan pengamanan pada barang dagangannya. Hal ini mengingat, toko emas yang digasak etalasenya tidak terdapat teralis. “Gunakanlah selalu kamera CCTV, alarm dan teralis besi di toko emas agar dapat meminimalisir kejadian seperti ini,” tandasnya. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.