Tim SAR Gabungan Berhasil Selamatkan Warga Yang Masuk ke Dalam Sumur di Jepara

SEMARANG, BRIGADENEWS.CO.ID – Bardi, seorang Kakek (70) asal Desa Pulodarat Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat oleh tim SAR gabungan dari dasar sumur.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Basarnas Jateng, Aris Sofingi, Bardi diketahui hendak menyelesaikan hidupnya dengan cara menceburkan diri ke dalam sumur pada pukul 15.45 WIB. Kakek tersebut diketahui sakit batuk dan pusing yang tidak kunjung sembuh.

Tim SAR gabungan menggunakan metode lowering saat menyelamatkan korban masuk ke dalan sumur di Desa Pulodarat, Kec. Pecangaan, Kab. Jepara, Jateng.

“Bardi diduga mengalami depresi karena ia dan istrinya sakit yang tidak kunjung sembuh, sehingga ia mencoba bunuh diri dengan menceburkan diri ke sumur,” ungkap Aris kepada awak media, Rabu (25/12/2019).

Masih menurut keterangan Aris, saat di dalam sumur, ternyata sang kakek mengalami cedera dan berteriak kesakitan yang terdengar oleh Sugianto yang juga anak korban. Oleh sang anak, kejadian tersebut dilaporkan ke Babinkamtibmas yang diteruskan ke Basarnas.

Dengan informasi tersebut kepala Basarnas Jateng memperintahkan Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara, Whisnu Yuas, untuk memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai alat vertikal rescue.

Whisnu Yuas menyampaikan, bahwa upaya pertolongan tim SAR gabungan kali ini adalah dengan metode lowering, dimana satu rescuer turun dengan tali utama dan tali tambahan untuk mengikat korban, kedalaman sumur kurang lebih 15 meter dan diameter kurang lebih 1 meter.

“Setelah upaya kurang lebih 20 menit korban berhasil diangkat dalam keadaan selamat, selanjutnya korban dievakusi ke Puskesmas Pecangaan untuk penangan medis,” tutur Whisnu. (er/Hms)

Baca Juga :  Sebuah Bom Militer Diduga Sisa Perang Ditemukan di Teluk Jambe, Karawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.