Cegah Radikalisme, Dandim Jakarta Barat Berikan Wasbang Kepada Elemen Masyarakat

JAKARTA, BRIGADENEWS.CO.ID – Kodim 0503/JB Rem 052/Wkr hari ini melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan dengan tema “Melalui Kegiatan Pembinaan Komsos Cegah/Tangkal Radikalisme/Separatisme, Kita Perkokoh Mentalistas & Pemahaman Ideologi Pancasila Guna Mencegah Ancaman Radikalisme/Separatisme Dalam Rangka Mewujudkan Alat Juang Pertahanan Yang Tangguh”, bertempat di Makodim 0503/Jakarta Barat, Jl. S. Parman, Jakarta Barat, Selasa (17/9/2019).

Dihadapan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat, Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pembinaan masyarakat untuk dapat mendeteksi dini terhadap gerakan kelompok yang mengarah pada radikalisme/separatisme.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi yang harmonis guna meningkatkan tali komunikasi sosial prajurit TNI khususnya Kodim 0503/JB dengan semua komponen masyarakat di wilayah binaan.

“Radikalisme atau ada lagi yang katakan ekstrimisme itu terdiri dari radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya yang bertujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yakni Pancasila, seperti tercantum dalam pembukaan UUD 1945,” ujar Letkol Valian.

Dandim juga menghimbau agar masyarakat dapat melakukan deteksi dan cegah dini terhadap kelompok radikalisme dan separatisme terutama yang sudah dilarang. “Untuk anak muda, jangan mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar dan diharapkan bisa terus berkreasi dalam membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju, aman dan sejahtera,” tegas Dandim.

“Kami mengaharapkan agar masyarakat berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui adanya gerakan atau kelompok tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Mitra Jaya Kodim 0503/JB Bhakti Dewanto, S.H., M.H., sangat mengapresiasi kegiatan komsos yang dilaksanakan Kodim 0503/JB, hal tersebut sangatlah penting agar masyarakat tahu gerakan radikalisme dan separatisme, apalagi sampai ingin merubah ideologi negara.

Baca Juga :  Melalui Seminar, Kemenag Ajak Kaum Muda Tingkatkan Cinta Tanah Air

“Kegiatan komsos yang dilaksanakan Kodim 0503/JB sangatlah bermanfaat dan sangatlah penting,” kata Bhakti Dewanto kepada awak media usai acara.

“Sebagai anak bangsa khususnya masyarakat Jakarta Barat, kita harus bahu membahu, menjaga persatuan dan kesatuan dan jangan mudah menerima serta menyebarkan berita hoax,” tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kapolres Jakarta Barat diwakili Kasat Sabhara AKBP Haruaman Manurung, Ketua FKUB Lukman Hakim, Ka. Kesbangpol Jakbar H. Ikhsan, Ketua FKPPI Jakbar, dan Ketua FPK Jakarta Barat dan para tokoh pemuda. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.