Festival Nelayan dan Festival Jamu Kuliner Tingkat Provinsi Jawa Tengah Akan Digelar di Cilacap

CILACAP, BRIGADENEWS.CO.ID – Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Agus Wantoro hadiri Rapat Persiapan Kegiatan Festival Nelayan Tahun 2019 dan Festival Jamu Kuliner Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Cilacap, Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Senin (26/08).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap Heru Harjanto, Kepala Bidang Pemasaran Disporapar Cilacap Erni Suharti S.H., Indarto dari Satpol PP Cilacap, Buyung dari Dinas P&K Kabupaten Cilacap, Dedi Sudiro dari Dishub Cilacap, Pardjo dari DPC HNSI Cilacap, Paspotmar Lanal Cilacap Mayor Laut (S/W) Buntari, Ipda Kamawi dari Polres Cilacap, Kapolsek CilacapTengah dalam hal ini diwakili Iptu Adhy, Paijan dari KUD Mina Saroyo Cilacap serta Panitia Festival Nelayan 2019.

Rapat dipimpin langsung Kepala Disporapar Heru Harjanto yang dalam penyampaiannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan baru dan merupakan bagian kegiatan sedekah Laut. Heru berharap budaya ini nantinya mempunyai nilai jual yang lebih unggul. Untuk itu dia menginginkan agar dalam menghadapi event seperti ini, semua bisa belajar dengan adat yang sudah ada seperti halnya di Bali.

” Kegiatan ini diharapkan menjadi event budaya yang menjadi daya tarik wisata unggulan Kabupaten Cilacap dan rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari nantinya,” Kata Heru Harjanto.

Selain itu menurut Heru, rencana ini juga akan digelar di Pendopo Kabupaten Cilacap namun akan terbatas. Mengenai hal ini dirinya juga akan menghadap Bupati agar nantinya bisa digelar di lapangan terbuka yang bisa diikuti oleh pasukan upacara serta nelayan yang pernah ia sampaikan ke HNSI. Dan nanti saat pelaksanaan upacara kita beri reward mana yang terbaik saat upacara nanti,” Ujarnya.

Baca Juga :  FGD series Hipmi-OJK: Desain Kebijakan Keuangan, Penopang Dunia Usaha Menyintas Pandemi

Heru kembali menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya Cilacap yang dikemas era milenial dengan tanpa mengurangi nilai kesakralan adat budaya. Selain itu juga menjadikan event budaya yang memiliki dan menjadi daya tarik wisata unggulan Kabupaten Cilacap.

Festival nelayan ini meliputi Upacara Adat nelayan, Pesta Rakyat Nelayan dan Festtival Seni Budaya. Sedangkan untuk Festival jamu dan kuliner rencananya akan digelar Pameran Produk Jamu dan kuliner Jawa Tengah. Selain itu juga akan dilaksanakan Deklarasi ayo Njamu dan minum jamu bersama untuk 2000 peserta dari tingkat Paud sampai SMA di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

Dalam rapat tersebut Heru juga memaparkan gambaran rencana kegiatan Festival Nelayan Tahun 2019 dan Festival Jamu Kuliner Tingkat Provinsi Jawa Tengah seperti kegiatan nyekar, prosesi sedekah laut, pembukaan Fertival Jamu dan Kuliner, kegiatan lainnya seperti Pameran Jamu dan Kuliner, Jamu Goes To School, Choacing Clinic Culinary bersama ICA, Panggung Hiburan, Deklarasi Ayo Njamu dan diakhiri dengan Ceremonial penutupan.

(Muhiran/Urip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.