Peran Babinsa Mendampingi Warga Binaan

BOYOLALI, BRIGADENEWS.CO.ID – Babinsa Koramil 10/Sambi Kodim 0724/Boyolali Serma Lalu Gde Agus turut membantu melakukan penyiangan tanaman padi lahan sawah kelompok Tani milik Bapak Hartono, di Dukuh Giriloyo RT 04 RW 01 Desa Cermo, Kec. Sambi, Kab. Boyolali yang merupakan warga binaan seluas kurang lebih 1.200 m2, Senin (26/08).

Di sela-sela kegiatan, Serma Lalu Gde Agus mengatakan, Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal, karena keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan, jika keberadaan gulma tidak dibasmi atau dilakukan penyiangan maka akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya sehingga berdampak pada menurunnya hasil panen.

Kegiatan ini merupakan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah,” kata Serma Lalu Gde Agus

Hartono selaku pemilik sawah menuturkan, bangga dan berterimakasih sekali kepada Babinsa, yang selalu membantu para petani. Bahkan terjun langsung ke sawah, meski panas matahari yang menyengat tak di hiraukannya, semangat Babinsa sungguh luar biasa.
Dengan adanya pendampingan para Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan melimpah.

“Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa, karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan,” ujar Serma Lalu Gde Agus

Secara terpisah, Danramil 10/Sambi, Kapten Inf.Suparman, menambahkan bahwa dengan adanya pendampingan petani oleh Babinsa, maka akan terus terjalin hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Jajaran Polsek Andir Polrestabes Bandung Bagikan Masker Untuk Warga

“Tentunya bukan hanya kegiatan membantu dan mendampingi petani tanam padi saja, tetapi juga dalam hal kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” terang Danramil.

(Muhiran/Pendim 0724/ Boyolali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.