Bela Negara, Kemenpolhukam : Mahasiswa Miliki Peran Penting

JAKARTA, BRIGADENEWS.CO.ID— Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto, mengatakan mahasiswa harus bisa menjadi agen bela negara.

“Peran mahasiswa sangat penting, untuk mengajak semua warga negara mencintai negaranya,” ujar Wiranto, dalam kuliah umum bela negara, di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Selasa (5/9/2017)

Mahasiswa mengajak masyarakat mencintai negara tidak dengan cara militer, melainkan dengan cara berbeda.

Wiranto mengatakan, jika semua warga negara ikut serta mencintai negaranya maka akan tercipta stabilitas. “Jika sudah stabil, maka dengan mudah membangun negeri,” kata dia.

Dengan demikian, energi dari setiap elemen masyarakat digunakan secara utuh untuk bersaing dengan negara lain. Bukan digunakan untuk meributkan hal-hal yang kurang penting.

Dia menjelaskan mahasiswa memiliki peran penting dalam bela negara. “Kita lahir di Indonesia, besar di Indonesia, cari makan di Indonesia, kalau tidak mencintai negari ini, namanya pengkhianat.” ujarnya

Wiranto mengajak masyarakat untuk bisa mencintai negara dengan sepenuh hati.

Sementara itu, Rektor Universitas Tarumanagara, Prof Agustinus Irawan, mengatakan, penting menanamkan jiwa nasionalisme kepada mahasiswa.

“Semangat keindonesiaan perlu dihidupkan kembali terutama di kampus, karena saya melihat terjadi perubahan semangat nasionalisme pada generasi muda,” kata dia.

[ANTARA News]

Baca Juga :  Personil Polsek Telukjambe Barat Polres Karawang Patroli Jelang Pilkada 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.